Pengenalan






Cisco

Cisco adalah sebuah perusahaan yang memiliki dua bidang usaha. Usaha pertamanya yaitu pembuatan hardware dan software yang berhubungan dengan jaringan komputer, dan usaha keduanya yaitu dalam bisang pendidikan atau dikenal dengan CNA (Cisco Networking Academy).


Cisco System
Cisco system adalah perusahaan pertama yang mengeluarkan sebuah router yang mendukung banyak protokol jaringan secara komersial. Protokol jaringan tersebut kemudian dikembangkan menjadi beberapa protokol baru yang kemudian hari dikenal dengan cisco proprietary network protokol. Beberapa di antaranya adalah: Cisco Discovery Protocol (CDP), Enhanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP), VLAN Trunking Protocol.
Hardware yang diproduksi dewasa ini oleh Cisco System adalah Router, Switch, Catalyst, Firewall, Pesawat VoIP, Wireless Access Point dan banyak lagi yang lain. Tentu saja, Cisco juga menciptakan software pendukung kerja dari hardware yang ada. Untuk hardware yang tergolong “pintar” Cisco memasukkan software sistem operasi khusus milik Cisco yaitu Internetwork Operating System (IOS).
Cisco Networking Academy
Untuk menyediakan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mengoperasikan, mendesain, mengimplementasi serta menjaga keamanan dari produk Cisco yang tersebar di dunia, maka Cisco membangun sebuah institusi pendidikan yang dinamakan Cisco Networking Academy.
untuk itu disini akan mempelajari materi tentang konfigurasi cisco yang umum digunakan dalam Cisco Networking Academy. disini akan menggunakan tool yang disediakan oleh cisco sendiri yaitu Cisco packet Tracer dapat diunduh dilink berikut: Cisco Packet Tracer




0 Comments

Posting Komentar